TUMIT ANDA SAKIT? BERIKUT PENJELASANNYA

Wednesday, 17 December 20140 comments

Rasa nyeri pada tumit merupakan keluhan umum bagi para ahli bedah ortopedi dan podiatrist (ahli dalam gangguan kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pinggul). Istilah umum nyeri tumit adalah plantar fasciitis and heel spurs. Nyeri tersebut menyebabkan Anda tidak nyaman beraktivitas. Simak pemahaman tentang gangguan kesehatan ini menurut Dr. Shekhar Agarwal, Kepala Bedah di Delhi Institute of Trauma & Orthopedics di Sant Parmanand Hospital, yang dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit pada tumit, dilansir dari Health Me Up.

1. Pahami Nyeri Tumit yang Menyerang Anda
Rasa pegal pada tumit kerap kali membuat Anda lemas karena seluruh tubuh ditopang oleh kaki ketika berjalan. Umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan di sepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar pada pagi hari karena fascia berkontraksi sepanjang malam. Namun, setelah berjalan beberapa saat, nyeri cenderung berkurang. Akan tetapi, ada kemungkinan tumit terasa sakit kembali setelah berdiri atau duduk berjam-jam. Nyeri ini dialami oleh semua umur, terutama yang mempunyai masalah diabetes.

2. Kenapa Bisa Terjadi?
Kaki memiliki 26 tulang dan tulang tumit (calcaneus) yang terbesar. Fungsi tumit untuk menopang berat badan ketika berjalan atau berlari. Makanya, tidak heran jika tumit rentan terhadap rasa nyeri. Maka dari itu, jangan melakukan aktivitas fisik berlebihan, memakai sepatu yang nyaman, dan mengurangi makanan manis agar tidak terkena diabetes.

3. Penyebab Nyeri Tumit
Nyeri tumit biasanya dirasakan di salah satu kaki yang disebabkan oleh achilles tendonitis atau retrocalcaneal bursitis. Achilles tendonitis adalah suatu kondisi kronis jangka panjang yang berhubungan dengan kerusakan pada tendon achilles (otot yang terhubung dengan tulang tumit). Sedangkan retrocalcaneal bursitis adalah keadaan di mana belakang tulang tumit membengkak yang menyebabkan nyeri terutama saat berjalan dan berlari.

4. Bagaimana Nyeri Tumit pada Anak?
Nyeri tumit pada anak-anak disebabkan oleh kerusakan kartilago (tulang rawan) atau yang biasa disebut penyakit Sever. Tulang tumit (kalkaneus) tumbuh menjadi dua bagian. Kedua bagian tersebut dihubungkan oleh tulang rawan sampai tulang mengeras seluruhnya (pada usia antara 8-16 tahun). Kadang aktivitas yang berat atau ketegangan berlebihan bisa menyebabkan retaknya kartilago. Tulang rawan yang patah bisa memerlukan waktu beberapa bulan untuk sembuh. Untuk mengatasinya, pasang bantalan tumit di dalam sepatu supaya membantu mengurangi tekanan pada tulang tumit.

5. Cara Mengobati
Pembedahan jarang dilakukan untuk mengatasi nyeri tumit. Perawatan umumnya dengan stretching di tumit, es batu yang dibungkus kain lalu ditempelkan ke daerah nyeri, sisipan sepatu dan berbagai terapi, seperti terapi gelombang kejut, panas, es, ultrasonik serta anti-inflamasi.

Jika berbagai perawatan tidak berhasil, infiltrasi steroid lokal (suntikan steroid perilesional glukokortikoid yang meredakan nyeri selama beberapa minggu atau bulan) bisa menjadi alternatif. Penyembuhan plantar fasciitis membutuhkan waktu yang lama dan terkadang kambuh kembali. Nyeri tumit yang kronis harus segera konsultasi ke dokter ortopedi.

Berikut Tanya Jawab Pasien kepada dokter ketika Nyeri pada Telapak Kaki Saat Berdiri

Masalah :

Dokter, saya seorang wanita berusia 26 tahun, berat badan agak berlebih dan mempunyai kebiasaan jalan cepat-cepat. Saya mempunyai keluhan nyeri pada telapak kaki kanan saya saat menapak lantai. Nyeri dirasakan pada daerah dibawah tumit, rasanya seperti ada duri yang menusuk-nusuk, hal ini terutama dirasakan pada pagi hari saat bangun tidur saat menginjak lantai. Nyeri juga dirasakan jika terlalu banyak berdiri dan berjalan kaki. Saya telah berobat ke dokter dan diberikan obat minum tapi belum banyak membantu, karena keluhan masih sering timbul. Apakah yang dapat saya lakukan untuk mengurangi keluhan pada tumit kaki kanan saya tersebut? Mohon saran Dokter. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas penjelasannya.

Mu, Pontianak


Jawaban :

YTH Sdri Mu di Pontianak. Terima kasih atas pertanyaannya.

Mengenai penyakit yang Saudari derita kemungkinan adalah suatu Fasciitis Plantaris, dalam hal ini Fasciitis Plantaris kaki sebelah kanan.

Fasciitis Plantaris adalah suatu penyakit akibat radang pada jaringan lunak yang terdapat dibawah tulang-tulang kaki di daerah telapak kaki. Radang ini dapat terjadi akibat adanya iritasi kronis dan dalam jangka
waktu lama terhadap jaringan telapak kaki tersebut.

Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya Fasciitis Plantaris adalah sebagai berikut:

- Pergerakkan kaki yang cepat dan berlebihan (banyak berjalan, berlari, jalan tergesa-gesa).

- Sepatu yang tidak cocok dan tidak nyaman digunakan.

- Berat badan yang berlebihan.

- Kelainan pada telapak kaki seperti terjadinya perkapuran pada tulang tumit atau telapak kaki yang rata/ flat foot (dimana tidak terdapatnya lekukan pada bagian sebelah dalam telapak kaki).

Untuk memastikan adanya perkapuran pada tulang tumit dapat dilakukan foto roentgen pada kaki, akan tampak ‘calcaneus spur’.

Penatalaksanaan Fasciitis Plantaris adalah:

1. Hilangkan faktor-faktor penyebab:

- Jika berat badan berlebih, berusaha melakukan diet yang baik dan seimbang disertai olahraga secara teratur.

- Hilangi kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa, berjalanlah dengan santai, rileks dan dengan langkah yang seimbang.

- Saat hendak membeli sepatu atau sandal biasakan selalu dicoba terlebih dahulu agar sepatu/ sandal tersebut terasa nyaman dan enak saat dipakai, selain model yang up to date tentunya.

2. Fisioterapi:

- Untuk mengurangi proses radang dan nyeri dapat diberikan diatermi berupa SWD ataupun USD pada telapak kaki tersebut.

3. Sepatu koreksi:

- Pemberian ‘Heel Cap’ pada daerah tumit untuk kasus perkapuran pada tulang tumit.
- Pemberian ‘Medial Weidge’ untuk kasus kaki rata/ flat foot.

4. Advis:

- Kontras Bath (dengan merendam kaki pada air hangat dan dingin secara bergantian) dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur. 
 - Biasakan tidak telanjang kaki dan selalu memakai sandal dengan sol/alas yang lunak atau berbahan karet lembut.

- Saat bangun tidur pagi biasakan mengosok-gosokkan kedua telapak kaki sehingga terasa hangat terlebih dahulu baru kemudian menginjakkan kaki ke lantai.
- Jika berjalan jauh diusahakan agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk berjalan terus jika kaki sudah letih dan timbul rasa sakit.

Demikian yang dapat Kami jelaskan secara singkat tentang nyeri pada telapak kaki akibat fasciitis plantaris dan penatalaksanaannya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan pembaca sekalian. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi Kami. 

 dr.Jonaidi Teramihardja SpRM


Sumber : Pontianak Post

Melihat dari peringkat kategori artikel posting di dalam web kami, artikel ini menjadi primadona sampai saat ini. Ini membuktikan bahwa keluhan serupa seperti nyeri tumit ini terjadi di pelbagai pelosok negeri baik Dalam negeri maupun Luar negeri. Oleh sebab itu, mengapa harus menunggu ? Sembuhkan keluhan anda sedini mungkin, secepat mungkin dan jangan sampai menyebar menjadi hal-hal yang menghambat kegiatan anda sehari-hari. Ini yang anda perlukan untuk melakukan perbaikan: TAHITIAN NONI  .
ORDER SEGERA TAHITIAN NONI SEBAGAI HERBAL ALTERNATIF MEMPERBAIKI SETIAP KERUSAKAN SEL-SEL ANDA. DAN DAPATKAN SERTA RASAKAN BERJUTA MANFAAT DARI MENGKONSUMSI TAHITIAN NONI BEVERAGE INI.

Terima Kasih telah membaca artikel TUMIT ANDA SAKIT? BERIKUT PENJELASANNYA Silahkan baca artikel jusnoniku Tentang
Share this article :
 
Support : JUSNONIKU© | My Morinda | Tahitian Noni International
Copyright © 2011. jusnoniku - All Rights Reserved
Template Created by Herbal Morinda Published by Jusnoniku©
Proudly powered by Login